Apa Pengertian Dan Fungsi Laktosa Bagi Tumbuh Kembang Bayi Hingga Toddler?

fungsi laktosa
 
Apakah kamu mengenal laktosa? Apa yang perlu kamu tau tentang laktosa? Mengapa gizi ini sangat penting bagi bayi hingga toddler? Apa fungsi laktosa? Darimana seorang bayi bisa memperolehnya? Bagaimana jika bayi kamu termasuk bayi yang alergi terhadap laktosa? Kamu yang baru menjadi orangtua atau kamu yang akan menjadi orangtua, pasti mempunyai segudang pertanyaan terkait gizi apa yang harus didapatkan bayi kamu. Dan salah satunya pasti kamu akan bertanya-tanya terkait laktosa.

 1. Apa sih laktosa itu?

Laktosa merupakan satu dari sekian banyak zat gula yang terbentuk dari 2 molekul gula alami seperti glukosa dan galaktosa. Berbeda dengan sukrosa, jika sukrosa kita tau bahwa zat tersebut merupakan gabungan antara glukosa dan fruktosa yang biasa kita jumpai ditambahkan ke makanan dan zat ini dikenal sebagai gula pasir yang merupakan penyebab inti terjadinya karies pada gigi, obesitas, dan lain sebagainya. Laktosa juga menyebabkan karies pada gigi tapi bersifat rendah dan lebih berperan sebagai penyuplai karbohidrat pada tubuh. Nah pada intinya tidak baik mengkonsumsi sukrosa atau gula pasir terlalu banyak, baik itu pada bayi, anak-anak, maupun dewasa.

 2. Apa sih fungsi laktosa?

Setelah tau apa itu laktosa, maka kita akan bertanya apa fungsi laktosa? Laktosa sangat penting dibutuhkan seorang bayi hingga toddler untuk proses pertumbuhannya. Nah berikut ini beberapa fungsi laktosa yang orangtua perlu tau, simak ya agar anak tidak kekurangan gizi yang satu ini.

  • Sebagai sumber energi atau sumber karbohidrat pada si kecil yang digunakan untuk tumbuh kembangnya agar mencapai optimal. Dengan begitu si kecil menjadi sehat dan cerdas.
  • Memelihara sistem pencernaan pada bayi hingga toddler. Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung laktosa dapat melawan bakteri buruk yang ada di usus. Sehingga proses pencernaan yang ada di usus dapat berlangsung dengan baik.
  • Mendukung tumbuh kembang pada otak bayi hingga todller, dimana saat-saat tersebut adalah saat krusial perkembangan otak manusia. Karena laktosa mengandung galaktosa yang berguna untuk perkembangan otak si kecil dan guna membentuk jaringan saraf yang optimal.
  • Turut serta menyusun tulang sehingga tulang menjadi tumbuh kuat serta sehat. Pada laktosa yang di konsumsi si kecil akan membantu tubuh untuk penyerapan kalsium dan juga fosfor, yang merupakan komponen penting dalam pertumbuhan tulang si kecil agar tumbuh sempurna dan kuat.
  • Mengoptimalkan fungsi tubuh si kecil, dengan adanya galaktosa yang terkandung di dalam laktosa akan membantu tumbuh kembang sel, karena galaktosa merupakan penyusun dinding sel, sel dasar, dan sebagai penyusun matriks intraseluler dalam tubuh manusia.
  • Membantu terbentuknya kekebalan tubuh si kecil, lagi-lagi karena dalam laktosa ada kandungan galaktosa, dimana zat ini mampu menghambat pertumbuhan berbagai pemicu penyakit sehingga dapat disebut bahwa galaktosa membantu terbentuknya antibodi pada tubuh si kecil
  • Sebagai pemanis yang menggantikan susu yang tidak mengandung laktosa, susu yang terbebas dari laktosa karena bisa saja si kecil alergi terhadap laktosa sehingga harus menggantinya dengan pemanis lain yang berasal dari tumbuhan.
  • Membantu tumbuh kembangnya bakteri yang baik bagi tubuh si kecil. Bakteri digunakan untuk membantu pencernaan makanan dalam tubuh, dengan adanya laktosa maka bakteri akan tumbuh semakin banyak sehingga mampu memproses makanan yang masuk ke usus.
  • Bersifat sebagai prebiotik
  • Adanya laktosa akan membantu penyerapan mineral lebih maksimal. Meneral yang diserap itu seperti zink dan tembaga. Penyerapan mineral akan maksimal terjadi di usus besar.

3. Dimana bisa mendapatkan laktosa?

Setelah kita tau segudang fungsi laktosa, kita akan bertanya lagi dimana bisa memperoleh kandungan laktosa? Paling mudah laktosa bisa kamu temukan pada ASI (air susu ibu). Pada ASI kandungan laktosa dilengkapi dengan pencernanya yaitu enzim laktase sehingga zat tersebut dapat terserap sempurna oleh tubuh. Selain ASI, kamu bisa menemukan kandungan laktosa pada susu formula seperti dancow 1 + nutritods, buah-buahan, keju, es-krim, kurma, yogurt dan lain sebagainya.

4. Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa merupakan bayi atau toddler yang alergi terhadap sumber makanan yang mengandung laktosa, sehingga ia mengkonsumsi susu yang bebas dari laktosa. Mengapa dia bisa alergi? Karena di dalam tubuhnya rendah terhadap kandungan enzim laktase. Bayi atau toddler yang menderita intoleransi laktosa biasanya ditandai dengan adanya diare, mual, sakit perut disertai kembung.

5. Penutup

Bagaimana kalian para orangtua? Apakah sudah paham terkait maksud dan fungsi laktosa? Uraian diatas dapat menjadi acuan kalian dalam memahami kondisi anak. Agar dapat memenuhi kebutuhan untuk tumbuh kembangnya secara optimal dan apabila terdapat gejala intoleransi laktosa dapat dilakukan penanganan dan pengobatan yang sesuai.

No comments for "Apa Pengertian Dan Fungsi Laktosa Bagi Tumbuh Kembang Bayi Hingga Toddler?"