Makanan Fermentasi Permbooster Imun Tubuh, Dari Tempe Hingga Kombucha


Apakah kamu tau jika 70% sampe 80% kekebalan tubuh manusia berasal dari pencernaan. Tubuh manusia sebenarnya dihuni oleh triliunan bakteri-bakteri baik yang menjaga organ-organ tubuh seperti kulit, ginjal, paru-paru, jantung, lambung dan organ lainnya. Tugas bakteri-bakteri tersebut adalah menjaga kelangsungan hidup dan juga fungsi sel-sel di dalam tubuh manusia. Agar bakteri-bakteri tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka bakteri-bakteri tersebut memerlukan nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh melalui apa yang kita konsumsi dan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Sehingga dikatakan sumber kekebalan tubuh terbesar adalah sistem pencernaan karena jika pencernaan baik maka semua sistem sistem tubuh juga terjamin sehatnya.
Salah satu nutrisi yang bisa memanjakan bakteri-bakteri baik tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan fermentasi dan produk berbasis probiotik lainnya. Apa itu makanan fermentasi? Makanan fermentasi merupakan makanan yang mengalami perubahan kandungan dari yang semula mengandung karbohidrat diubah menjadi alkohol beserta karbon dioksida atau asam amino dengan bantuan bakteri, ragi, fungi/jamur atau dengan mengkombinasikan ketiga mikroorganisme tersebut pada tempat yang tidak ada oksigen atau kurang oksigen. Selain untuk mengawetkan makanan yang dibuat, teknik fermentasi menghasilkan makanan yang kaya akan kandungan gizinya yang sangat baik untuk pencernaan. Melalui proses fermentasi kita menumbuh kembangkan bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Probiotik inilah yang nanti berperan menjalankan tugas yang seperti dijelaskan diatas menjaga kelangsungan hidup dan fungsi sel. Berikut adalah 7 manfaat dan kandungan dari Makanan Fermentasi Pembooster Imun Tubuh:

1. Dapat Menyehatkan Pencernaan
Pencernaan yang mengandung berbagai bakteri baik mendapatkan nutrisi dari makanan fermentasi ini sehingga mampu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti diare, infeksi bakteri di pencernaan, peradangan pada usus besar dan rektum, peradangan pada dinding usus, dan masalah pencernaan lainnya.

2. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit di berbagai organ tubuh
Kekebalan tubuh yang bersumber pada pencernaan mempunyai arti bahwa ketika pencernaan sehat maka kekebalan diseluruh tubuh meningkat. Dengan mengkonsumsi makanan fermentasi akan membuat pencernaan sehat sehingga mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti osteoporosis, disfungsi hati dan ginjal, diabetes, gangguan hormon, dan berbagai penyakit disegala organ-organ tubuh.

3. Dapat menumbuh kembangkan bakteri baik atau probiotik
Makanan fermentasi yang kita konsumsi akan sangat memanjakan bakteri yang hidup dalam organ-organ tubuh kita. Karena makanan fermentasi mengandung alkohol, asam amino dan karbondioksida yang sangat dibutuhkan bakteri untuk berkembang biak. Dan selain makanan fermentasi untuk memanjakan bakteri baik atau probiotik Anda juga bisa mengkonsumsi makanan prebiotik untuk membooster kerja probiotik di dalam tubuh. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan pelengkap probiotik seperti kurma dan pisang.

4. Dapat mendetoks racun dalam tubuh
Makanan fermentasi yang kita konsumsi merupakan nutrisi yang mendukung proses detoksifikasi berbagai racun dalam tubuh. Karena makanan fermentasi mengandung bakteri dan asam yang mampu untuk mengurai racun dan logam berat yang ada di dalam tubuh kita seperti merkuri.

5. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Makanan fermentasi yang mengandung berbagai bakteri, asam, alkohol, dan karbon dioksida yang sangat berperan menumbuh kembangkan bakteri baik di usus sehingga dapat meningkatkankerja fungsi sel dan kelangsungan hidupnya. Dari situlah sistem kekebalan tubuh akan dibangun dan ditingkatkan secara optimal.

6. Dapat mencegah penyakit kanker prostat dan darah tinggi atau hipertensi
Makanan fermentasi mempunyai kandungan vitamin K2 sehingga mampu menurunkan potensi mengidap penyakit kanker prostat. Kemudian mengkonsumsi yogurt dadih secara rutin dapat membuat tekanan darah tinggi menjadi normal kembali.

7. Dapat digunakan sebagai teknik mengawetkan makanan
Makanan yang diawetkan dengan cara fermentasi tidak mempunyai efek buruk seperti makanan yang mengandung pengawet yang sering kita temui diberbagai jajanan yang menjamur saat ini. Karena makanan fermentasi menggunakan bakteri, jamur atau fungi, dan ragi yang malah dapat memperkaya kandungan gizi pada makanan yang kita konsumsi.

Terdapat berbagai jenis Makanan Fermentasi Pembooster Imun Tubuh yang umum disekitar kita dan mudah untuk dibuat. Berikut adalah Makanan Fermentasi Pembooster Imun Tubuh yang bisa Anda jadikan referensi untuk hidup sehat Anda:
Kimchi
Tempe
Tape
Susu kefir
Dadih
Acar
Yogurt
Teh kombucha
Fermentasi berbagai sayuran
Miso
Keju
Dari berbagai jenis makanan fermentasi di atas, berikut adalah contoh cara pengolahan makanan fermentasi pada sayuran yang sering kita sebut kimchi:
1. Langkah Pertama
Potonglah sawi putih yang sudah Anda beli dan kemudian lumuri dengan garam himalaya serta diamkan selama kurang lebih 5-7 jam. Kemudian cucilah sawi tersebut dengan air yang mengalir dan pada bilasan yang terakhir cucilah menggunakan air mineral lalu tiriskan sawi tersebut.
2. Langkah Kedua
Siapkan air sebanyak 300 ml
Dried pollack atau ikan pollack kering sebanyak 3 lembar
Udang kering/ ebi/ kelp sebanyak 2 lembar
Masaklah bahan – bahan tersebut selama 10 menit lalu angkat
Masukkan 2 sendok makan tepung beras yang sudah dicampur air dan masaklah selama kurang lebih 2 menit lalu angkat dan diamkan hingga dingin.
3. Langkah Ketiga
1 buah Wortel diiris memanjang dan tipis
1 buah lobak diiris memanjang dan tipis
Daun bawang diiris memanjang
Siapkan daun chive
Bawang puting dicincang sebanyak 4 siung
Jahe ½ jempol dicincang kecil
4. Langkah Keempat
Menyiapkan wadah besar
Masukkanlah apa yang sudah Anda lakukan di langkah kedua kedalam wadah tersebut, kemudian tambahkan bubuk cabe atau gochugaru 6 sendok makan atau sesuaikan selera Anda
Masukkan 3 sendok makan saus atau kecap ikan
Masukkan 3 sendok makan madu atau sirup kurma
Tambahkan garam himalaya secukupnya
Kemudian masukkan langkah pertama dan ketiga, lalu aduklah hingga merata 
Hasilnya masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan diamkan selama 2 sampai 3 hari
Kimchi siap disantap dan sisanya bisa Anda simpan di dalam lemari pendingin

Nah uraian diatas cukup jelas loh akan perannya Makanan Fermentasi Permbooster Imun Tubuh. Cocok dicoba dimasa sekarang ini karena lebih banyak berada di rumah Anda bisa mencobanya. Selain demi kesehatan pencernaan Anda, melakukan hal baru termasuk memasak akan melatih kreatifitas Anda dan agar tidak cepat bosan berada di rumah.

No comments for "Makanan Fermentasi Permbooster Imun Tubuh, Dari Tempe Hingga Kombucha"